Skip to content

Tips jitu menghemat air PDAM

  1. Matikan keran saat sedang menggosok gigi atau mencuci tangan

Sederhana tapi cukup ampuh untuk menghemat tagihan air Anda. Saat sedang menggosok gigi atau tangan dengan sabun, Anda tidak perlu menyalakan keran air. Anda cukup menyalakan keran ketika membilas saja.

  1. Kurangi jadwal mencuci kendaraan

Apakah Anda suka mencuci kendaraan sendiri di rumah? Saat mencuci kendaraan, tanpa disadari kita akan menggunakan air yang cukup banyak. Solusinya yang dapat dilakukan untuk menghemat air dengan menggunakan shower dibandingkan menggunakan ember saat mencuci, dan tentunya mematikan keran saat Anda sedang tidak menggunakan air sewaktu membersihkan kendaraan

  1. Cek dan perbaiki pipa yang bocor

Anda sudah berusaha menghemat air tapi tagihan listrikmu tetap membengkak? Cobalah periksa pipa air Anda atau memanggil tukang ledeng untuk memeriksa seluruh kondisi pipa air di rumah kamu. Dengan begitu Anda bisa banyak menghemat air jika kebocoran air sudah ditangani 🙂 .

  1. Pilih perlengkapan rumah tangga hemat air

Selain mencuci kendaraan dengan shower atau memperbaiki pipa yang bocor, Anda juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga yang ramah lingkungan dan dapat menghemat penggunaan air. Contohnya seperti penggunaan mesin cuci hemat air, atau pemilihan pipa air yang lebih berkualitas.

  1. Jangan mandi terlalu lama

Semakin lama kita menghabiskan waktu dikamar mandi, semakin besar kemungkinan kamu menggunakan air lebih banyak. Cobalah mengurangi durasi mandi, agar selain bisa mempersingkat waktu, juga dapat menghemat air.

Berikut beberapa tips menghemat air dari kami yang dapat Anda terapkan. Dan untuk lebih menghemat penggunaan air Anda serta mengontrol seluruh tagihan rumah tangga Anda juga bisa menggunakan Paydia untuk membayar tagihan bulanan. Download aplikasi Paydia sekarang juga di Google Playstore & Apple Appstore, atau klik onelink.to/paydia