Frequently Asked Questions
(FAQ)

Temukan jawaban pertanyaan Anda di sini.

faq header mockup b

Uang Elektronik

Apa saja layanan yang bisa dinikmati di Paydia?

Paydia memberikan beragam layanan yang dapat memudahkan kegiatan pembayaran kamu, antara lain:

  1. Dengan Paydia, kamu tidak perlu membawa uang tunai lagi karena dengan fitur QRIS, kamu bisa bayar hanya dengan scan kode QR pembayaran
  2. Transfer dana ke sesama pengguna Paydia mulai dari Rp1 dan ke rekening bank dengan mudah
  3. Beli Pulsa dan Paket Data dengan harga yang terjangkau dibandingkan aplikasi lainnya
  4. Bayar tagihan atau produk digital, seperti:
    • tagihan BPJS Kesehatan
    • bayar Internet
    • beli token listrik
    • tagihan listrik pascabayar
    • tagihan telepon (Telkom)
    • dan tagihan lainnya

Dengan berbagai layanan ini, Paydia akan membantu kamu mengelola keuangan dan bertransaksi dengan lebih mudah.
Bergabunglah dengan Paydia sekarang untuk rasakan kemudahan bertransaksi!

Bagaimana cara daftar di aplikasi Paydia?

Lakukan langkah di bawah untuk daftar Paydia dengan cepat dan mudah!

  1. Download aplikasi Paydia dari Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS)
  2. Buka aplikasi, klik “Daftar Sekarang”.
  3. Lengkapi data diri dengan nama lengkap, email, password, dan konfirmasi password. Setelah itu, tekan "Lanjutkan".
  4. Kamu akan sampai ke halaman persetujuan kebijakan dan privasi. Pastikan untuk membacanya dengan seksama lalu lanjutkan.
  5. Kamu akan segera menerima kode OTP melalui SMS ke nomor handphone yang kamu daftarkan. Isi kode OTP untuk melanjutkan.
  6. Terakhir, buat PIN dan konfirmasi PIN. Ingatlah untuk menjaga kerahasiaan password dan PIN Paydia-mu. Password digunakan untuk masuk ke aplikasi, sementara PIN diperlukan saat kamu melakukan transaksi.

Jika terdapat kendala, hubungi Customer Service Paydia dengan email ke [email protected] atau melalui WhatsApp 0812 8570 7777.

Ayo, segera daftar Paydia dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

Bagaimana jika saya tidak mendapatkan kode OTP (One Time Password)?

Ketika kamu mengalami masalah dengan penerimaan OTP (One Time Password), ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pastikan nomor yang kamu masukkan telah sesuai dengan nomor yang telah didaftarkan.
  2. Pastikan sinyal handphone dalam kondisi baik untuk menerima pesan.
  3. Kamu bisa memilih “Kirim Ulang OTP” untuk mengirimkan kembali kode OTP baru.
  4. Tunggu selama setidaknya satu menit untuk memastikan bahwa kode OTP telah terkirim dengan baik.

Jika setelah mencoba langkah-langkah tersebut kamu masih mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi layanan Customer Service kami melalui email di [email protected] atau melalui WhatsApp 0812 8570 7777.

Perlu untuk dicatat bahwa Kode OTP bersifat RAHASIA. Maka dari itu, mohon tetap berhati-hati dan jangan berikan kode OTP kepada pihak manapun untuk keamanan akun kamu.

Apa perbedaan Silver User dengan Gold User? Bagaimana cara upgrade menjadi Gold User?

Paydia memiliki dua jenis keanggotaan yang menawarkan berbagai fitur yang menarik:

  1. Keuntungan menjadi Gold User
    • Kemampuan untuk membayar merchant (QRIS)
    • Kemampuan untuk membeli dan membayar konten digital
    • Kemampuan untuk mentransfer dana ke rekening bank
    • Kemampuan untuk mentransfer dana ke Paydia user lain
    • Kemampuan untuk menarik tunai* (segera hadir)
    • Dapat mendaftar sebagai merchant
    • Batasan saldo maksimal: Rp20.000.000
  1. Keuntungan menjadi Silver User
    • Kemampuan untuk membayar merchant
    • Kemampuan untuk membeli dan membayar konten digital
    • Batasan saldo maksimal: Rp2.000.000

Caranya upgrade menjadi Gold User:

  1. Buka aplikasi Paydia
  2. Klik menu “PayU” lalu klik "Upgrade"
  3. Ikuti tahap KYC (Know Your Customer) dengan mengunggah informasi berikut:
    • Foto KTP kamu
    • Foto selfie kamu bersama KTP
    • Foto belakang KTP kamu
  4. Pastikan bahwa semua foto yang diunggah terlihat jelas, tidak buram, tidak gelap, dan tidak ada yang menghalangi informasi pada foto.
  5. Setelah yakin bahwa hasil foto sudah sesuai, tekan "Lanjutkan."
  6. Selanjutnya, mohon tunggu hasil verifikasi data. Proses verifikasi membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja.

Dengan menjadi Gold User, kamu akan memiliki akses lebih luas untuk berbagai fitur yang dapat memudahkan berbagai transaksi dan pengalaman berbelanja!

Jika terdapat kendala, jangan ragu untuk hubungi tim Customer Service dengan email ke [email protected] atau melalui WhatsApp 0812 8570 7777.

Bagaimana cara saya melakukan top up saldo Paydia?

Top up saldo Paydia dapat dilakukan dengan 2 cara mudah:

  • Virtual Account (Real Time)
    1. Klik “Top up” pada menu utama lalu pilih “Virtual Account”
    2. Pilih Bank yang akan digunakan, lalu salin Nomor Virtual Penerima
    3. Buka mobile banking, pilih menu “Transfer” atau “Virtual Account”
    4. Tempel Nomor Virtual pada kolom yang tersedia, lalu masukkan nominal top up
    5. Masukkan PIN mobile banking, Top Up saldo Paydia dengan Virtual Account berhasil.
  • Transfer Bank BCA (tanpa biaya admin)
    1. Klik “Top up” pada menu utama
    2. Pilih “Transfer Bank” lalu pilih bank “BCA”
    3. Masukkan nominal top up saldo lalu klik “Top Up”
    4. Salin Nomor Rekening PT Datacell Infomedia yang tertera
    5. Buka m-banking atau MyBCA, lalu klik menu “Transfer” dan pilih “Transfer ke Rekening BCA”
    6. Tempel nomor rekening yang sudah disalin. Pastikan rekening atas nama PT Datacell Infomedia
    7. Masukkan nominal Top Up Saldo & Kode Unik
    8. Masukkan PIN m-Banking atau My-BCA. Tunggu beberapa saat, Top Up saldo Paydia dengan Transfer Bank berhasil.

Jika terdapat kendala, jangan ragu untuk hubungi Customer Service Paydia ke email [email protected] atau melalui WhatsApp 0812 8570 7777.

Bagaimana cara saya transfer saldo?
  • Untuk melakukan transfer saldo, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka aplikasi Paydia dan klik "PayU" pada menu utama
    2. Ada dua pilihan transfer saldo yang bisa kamu pilih:
      • Transfer ke Rekening Bank:
        1. Pilih "Transfer ke Rekening Bank"
        2. Klik “Bank” lalu pilih tujuan bank
        3. Masukkan Nomor Rekening tujuan dan masukkan jumlah yang ingin kamu transfer
        4. Setelah itu, kamu akan melihat informasi rincian penerima dan total transfer. Periksa apakah rincian transfer sudah benar
        5. Masukkan 4-digit PIN Paydia kamu. Tunggu beberapa saat, maka transfer dana akan berhasil!
      • Transfer ke Paydia User:
        1. Pilih "Pengguna Paydia"
        2. Masukkan Nomor Handphone pengguna Paydia yang ingin kamu tuju, klik “Lanjutkan”
        3. Konfirmasi informasi Paydia User yang muncul lalu masukkan nominal yang ingin kamu transfer
        4. Masukkan 4-digit PIN Paydia kamu. Tunggu beberapa saat, maka transfer dana akan berhasil!

    Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah melakukan transfer saldo sesuai kebutuhanmu. Upgrade jadi Gold User untuk nikmati fitur ini. Ayo, manfaatkan fitur ini dan nikmati kemudahan bertransaksi bersama Paydia!

Berapa limit saldo dan batas top up Paydia?

Gold User

  • Batas saldo: Rp20.000.000
  • Limit maksimum top up: Rp40.000.000/bulan

Silver User

  • Batas saldo: Rp2.000.000
  • Limit maksimum top up: Rp20.000.000/bulan

Dengan berbagai pilihan ini, kamu dapat dengan bebas mengelola keuangan kamu sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Bergabung dengan Paydia sekarang dan nikmati fleksibilitas yang kami tawarkan!

QRIS

Bagaimana cara mendaftar sebagai Merchant Paydia?

Cara daftar sebagai Merchant Paydia dengan cepat dan mudah:

  1. Buka website Paydia (paydia.id)
  2. Klik "Daftar" yang ada di ujung kanan atas.
  3. Isi informasi sesuai petunjuk yang ada.
  4. Jangan lupa untuk upload dokumen pendukung.
  5. Baca syarat dan ketentuan dengan seksama.
  6. Setelah yakin, klik "I'm not a robot".
  7. Terakhir, klik "Setuju & Daftar".

Apabila ada pertanyaan atau kendala dalam proses daftar, hubungi tim kami melalui email ke [email protected]

Yuk gabung dan jadi bagian dari komunitas merchant Paydia sekarang juga!

Apakah ada biaya pendaftaran atau biaya bulanan yang perlu saya bayar sebagai Merchant Paydia?

Tidak perlu khawatir, daftar sebagai merchant di Paydia GRATIS! Namun, penting untuk diketahui bahwa ada MDR (Merchant Discount Rate) untuk pembayaran QRIS sesuai ketentuan Bank Indonesia yang berlaku. Berikut rinciannya:

  1. Merchant Regular: 0.7%
  2. Merchant Pendidikan: 0.6%
  3. SPBU: 0.4%
  4. Bantuan Sosial & Donasi: 0%

Jadi, kamu bisa mulai menerima pembayaran dengan mudah. Bergabunglah dengan Paydia sekarang juga untuk mendukung pertumbuhan bisnismu!

Apa yang sebaiknya saya lakukan apabila tidak menerima email verifikasi setelah mendaftar?

Jika belum menerima email verifikasi setelah mendaftar, sebaiknya kamu melakukan beberapa tindakan berikut:

  1. Terkadang email verifikasi masuk ke folder spam atau junk email. Periksa folder email tersebut untuk melihat apakah email verifikasi ada di sana
  2. Periksa kembali apakah alamat email yang kamu berikan sudah benar
  3. Pastikan koneksi internet stabil dan berfungsi dengan baik
  4. Jika kamu yakin alamat email yang kamu berikan benar dan email verifikasi tidak muncul dalam folder spam, lakukan permintaan verfikasi kembali dengan langkah berikut:
    • Buka dashboard Paydia Bisnis (merchant.paydia.id)
    • Klik icon pengaturan pada bagian kanan atas
    • Pilih “Profil Saya”
    • Pada bagian alamat email, klik tombol “Verifikasi”
  5.  

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service Paydia dengan kirim email ke [email protected] menggunakan alamat email yang terdaftar sebagai Merchant Paydia Bisnis atau WhatsApp 0812 8570 7777.

Bagaimana Paydia menjaga keamanan data pribadi saya sebagai pengguna Paydia?

Paydia menjaga keamanan data pribadi kamu dengan serius. Kami mengimplementasikan Peraturan Bank Indonesia Nomor 3 tahun 2023 tentang Pelindungan Konsumen Bank Indonesia untuk melindungi informasi dan datamu. Selain itu, Paydia juga memiliki kebijakan privasi yang jelas dan transparan dengan menjelaskan bagaimana data kamu digunakan, disimpan, dan dibagikan.

Maka dari itu, pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan privasi agar kamu tahu bagaimana data pribadimu akan dikelola ya!

Bagaimana cara mencairkan saldo QRIS?

Pencairan dana dari transaksi yang dilakukan pada hari kerja (kecuali hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional) akan dilakukan secara otomatis dan dana tersebut akan ditransfer ke rekening bank yang kamu daftarkan pada hari kerja berikutnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengajukan permintaan settlement.

Apabila terdapat kendala atau miliki pertanyaan lainnya, hubungi Customer Service Paydia melalui email ke [email protected] dengan menggunakan alamat email yang terdaftar sebagai Merchant Paydia Bisnis atau WhatsApp 0812 8570 7777.

Bagaimana cara jika saya ingin mengubah nomor rekening?

Untuk mengajukan perubahan nomor rekening, kamu hanya perlu mengirimkan email ke [email protected] menggunakan alamat email yang terdaftar sebagai Merchant Paydia Bisnis.

Apa yang harus saya lakukan jika terjadi masalah atau ketidaksesuaian pada jumlah settlement?

Jika terjadi masalah atau terdapat ketidaksesuaian jumlah dana settlement, lakukan langkah ini:

  1. Periksa kembali transaksi dan data pembayaran kamu untuk memastikan bahwa semua informasi benar dan sesuai
  2. Pastikan bahwa nomor rekening yang kamu daftarkan untuk settlement adalah benar dan aktif
  3. Jika kamu telah melakukan langkah-langkah di atas namun kendala atau masalah masih belum juga teratasi, jangan ragu untuk hubungi tim Customer Service Paydia melalui email [email protected] menggunakan alamat email yang terdaftar sebagai Merchant Paydia Bisnis atau WhatsApp 0812 8570 7777 dengan mengirimkan bukti transaksi dan/atau bukti serah terima barang/jasa dengan konsumen.

Tim kami akan dengan senang hati membantu kamu dalam mengatasi masalah yang terjadi!

Perlu Bantuan?

Hubungi kami dan CS Paydia akan selalu siap membantu Anda!