Skip to content

Syarat Ketentuan Pengguna

Syarat dan Ketentuan

Tanggal Pembaharuan 11 Juni 2020

General

  1. Aplikasi Paydia adalah aplikasi uang elektronik yang diterbitkan dan diselenggarakan oleh PT Datacell Infomedia yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia melalui surat dengan No. 21/354/DKSP/Srt/B pada tanggal 2 Oktober 2019 sebagai Penerbit Uang Elektronik, dan izin sebagai penyelenggara transfer dana berdasarkan tanda izin No. 21/256/DKSP/95 pada tanggal 2 Oktober 2019.
  2. Pengguna Paydia dapat mendownload aplikasi mobile Paydia di Google Play Store dan App Store, untuk selanjutnya mengikuti prosedur yang sudah ditentukan.
  3. Pengguna adalah pengguna/user Paydia dan pemilik rekening di Aplikasi Paydia.
  4. PT. Datacell Infomedia menyediakan layanan informasi berkaitan dengan aplikasi Paydia melalui website resmi Paydia (paydia.id).
  5. Nomor Handphone adalah nomor telepon seluler yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses aplikasi uang elektronik Paydia dan berfungsi sebagai identitas pengguna.
  6. Password adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat untuk mengakses aplikasi uang elektronik Paydia dan hanya diketahui oleh pengguna serta bisa dirubah oleh pengguna.
  7. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pengguna, yang harus diinput oleh pengguna saat akan menggunakan layanan uang elektronik Paydia.
  8. Bersama-sama dengan nomor handphone, password dan PIN digunakan untuk membuktikan bahwa pengguna bersangkutan adalah yang berhak atas layanan uang elektronik Paydia.
  9. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan Paydia antara lain: transaksi pembayaran, transaksi pembelian konten digital, transaksi pembayaran tagihan, transaksi pengiriman uang dan setiap transaksi lainnya yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.
  10. Pedagang (Merchant) adalah pihak-pihak baik badan hukum maupun badan usaha ataupun perorangan yang melayani transaksi menggunakan rekening Paydia pada aplikasi Paydia.
  11. Top-Up adalah transaksi penambahan saldo (top-up) ke dalam rekening Paydia.
  12. Merchant adalah pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan Paydia, mengajukan pendaftaran sebagai “Merchant” berdasarkan Formulir Merchant untuk dapat memberikan layanan Paydia.

Persyaratan, Pendaftaran, dan KYC (Know Your Customer)

  1. Pengguna Paydia cukup mendaftarkan nomor handphone yang digunakan dan email pengguna.
  2. Setiap Nomor Ponsel (Handphone) dan email hanya dapat digunakan oleh 1 (satu) akun/rekening Paydia.
  3. Pengguna yang sudah mendaftarkan diri di aplikasi Paydia dianggap telah membaca, mengerti, menyetujui dan bersedia mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Aplikasi Paydia.
  4. Uang elektronik Paydia memiliki dua level pengguna sebagai berikut:
    1. Silver: Level pengguna yang data identitas pemegangnya belum terdaftar dan tercatat di Paydia (unregistered), dengan layanan sebagai berikut:
      1. Isi Saldo (Cash In)
      2. Pembelian/Pembayaran Konten.
      3. Belanja.
      4. Saldo maksimal Rp. 2.000.000,-
    2. Gold: Level pengguna yang data identitas pemegangnya sudah terdaftar dan tercatat di Paydia (registered), dengan layanan sebagai berikut:
      1. Isi Saldo (Cash In)
      2. Pembelian/Pembayaran Konten
      3. Belanja.
      4. Transfer Antar Pengguna.
      5. Transfer ke Rekening Bank.
      6. Tarik Tunai.
      7. Daftar Menjadi Merchant
      8. Saldo maksimal Rp. 10.000.000,-
  5. Pengguna dapat meningkatkan level dari silver menjadi gold dengan mengikuti prosedur yang berlaku melalui aplikasi uang elektronik Paydia sebagai berikut:
    1. Foto Depan e-KTP/SIM.
    2. Foto Belakang e-KTP/SIM.
    3. Foto Diri/Selfie beserta e-KTP/SIM (foto setengah badan/pas foto dengan e-KTP/SIM yang terlihat jelas).
  6. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan melalui aplikasi Paydia dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna terverifikasi dan dapat ditingkatkan ke gold.
  7. Semua level pengguna hanya dapat melakukan tambah saldo maksimal Rp. 20.000.000,- per bulan.
  8. Proses meningkatkan level dari silver menjadi gold bisa saja ditolak jika foto yang diambil:
    1. Blur / Data pribadi tidak terbaca
    2. Terbalik
    3. Mengalami ketidakcocokan
    4. ketentuan-ketentuan lainnya yang mengindikasikan adanya niatan untuk melakukan tindak kecurangan

Cash In, Transaksi, dan Cash Out

  1. Pengguna Paydia dapat menambah saldo dengan beberapa cara, sebagai berikut:
    1. Transfer Bank:
      1. BCA 106.335.3535 atas nama PT Datacell Infomedia
      2. BRI 026.101.001.341306 atas nama PT Datacell Infomedia
    2. Virtual Account (VA):
      1. Virtual Account BCA (Online 24jam)
      2. Virtual Account Mandiri (Online 24jam)
  2. Setiap saldo yang sudah ditambahkan akan tersimpan secara elektronik di dalam server Paydia, setiap transaksi yang dilakukan pengguna juga akan tercatat di dalam server Paydia sehingga jika terjadi perbedaan persepsi berkaitan dengan saldo dan transaksi maka yang menjadi patokan adalah data yang terdapat di server Paydia.
  3. Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran dan menambah saldo dapat melakukan transaksi sesuai dengan batas saldo atau sesuai ketentuan uang elektronik.
  4. Aplikasi uang elektronik Paydia dapat digunakan untuk melakukan layanan sebagai berikut:
    1. Transaksi Pembelian/Pembayaran Konten, jenis-jenis konten dapat dilihat di website Paydia.
    2.  Belanja.
    3. Transfer Antar Pengguna.
    4. Transfer Dana.
    5. Tarik Tunai.
  1. Untuk setiap pelaksanaan transaksi:
    1. Pengguna wajib memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar sebelum melakukan penginputan dan eksekusi PIN.
    2. Paydia tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian dan akibat yang timbul dikarenakan kelalaian, kesalahan, dan ketidakhati-hatian dalam memasukkan data untuk diproses oleh aplikasi Paydia.
  2. Pengguna aplikasi uang elektronik Paydia tidak dapat melakukan transaksi apabila saldo pengguna tidak mencukupi untuk melakukan transaksi.
  3. Semua transaksi melalui aplikasi Paydia adalah transaksi real time / online serta tidak dapat dibatalkan.
  4. Semua transaksi sukses melalui aplikasi Paydia akan tercatat di menu history transaksi dan tersimpan selama 30 hari sejak tanggal transaksi.
  5. Semua transaksi sukses melalui aplikasi Paydia akan dikirimkan bukti transaksi/struk transaksi melalui email pengguna yang terdaftar.
  6. Kami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika Anda melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Merchant

  1. Pengguna yang ingin bekerjasama untuk memberikan layanan Paydia dapat mendaftar menjadi merchant Paydia melalui platform Paydia dengan mengisi Formulir Merchant dan telah disetujui serta diverifikasi oleh Paydia.
  2. Pengguna yang sudah mendaftarkan diri menjadi Merchant dianggap telah membaca, mengerti, menyetujui dan bersedia mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Aplikasi Paydia.
  3. Merchant wajib menerima setiap transaksi sesuai dengan tata cara dan ketentuan yang ditentukan oleh Paydia
  4. Tidak membebankan biaya tambahan kepada Pengguna dalam bentuk apapun untuk pelaksanaan transaksi dan tidak menolak pengguna yang bermaksud melakukan transaksi
  5. Memberikan dan/atau menunjukkan bukti transaksi kepada Pengguna setiap kali transaksi dilakukan
  6. Paydia memberikan akses dashboard kepada Merchant untuk melihat laporan atas setiap transaksi
  7. Paydia berhak untuk menerima MDR dari Merchant dengan cara memotong langsung dari dana transaksi yang diterima Merchant. MDR akan dikenakan terhadap transaksi berhasil
  8. Pembayaran atas dana transaksi akan dilakukan oleh Paydia kepada Merchant setelah Paydia melakukan pemotongan MDR secara langsung dari dana transaksi yang diterimanya.
  9. Pembayaran atas dana transaksi setelah dipotong MDR akan dilakukan paling lambat 1 (satu) hari kerja setelah mendapatkan permintaan dari Merchant
  10. Pajak yang timbul atas pelaksanaan S&K ini akan ditangguna oleh masing-masing pihak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku

Password dan PIN Uang Elektronik Paydia

  1. Password dan PIN merupakan kode yang bersifat rahasia pribadi dan merupakan kewenangan pengguna untuk memperlakukan secara rahasia data-data yang bersifat pribadi.
  2. Pengguna wajib mengamankan password dan PIN dengan cara tidak memberitahukan password dan PIN uang elektronik Paydia kepada orang lain dan berhati-hati agar password dan PIN tidak terlihat orang lain.
  3. Pengguna uang elektronik Paydia wajib untuk melakukan perubahan password dan PIN secara berkala dalam rangka menjaga keamanan akun pengguna.
  4. Sebagai Pengguna, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan password, PIN, dan kode OTP yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

Penghentian Akses Layanan Uang Elektronik Paydia

  1. Akses layanan uang elektronik Paydia akan dihentikan oleh Paydia apabila:
    1. Pengguna meminta kepada Paydia untuk menghentikan akses layanan uang elektronik Paydia secara permanen.
    2. Mendapatkan laporan dari pengguna mengenai dugaan atau diketahui bahwa akun pengguna digunakan oleh pihak lain yang tidak berwenang.
    3. Paydia melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku seperti akun uang elektronik Paydia termasuk dalam investigasi penipuan.
  2. Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses layanan tersebut, maka pengguna harus menghubungi Customer Service (CS) Paydia.
  3. Paydia berhak melakukan penonaktifan secara sementara atau penutupan secara permanen atas layanan uang elektronik Paydia pengguna apabila Paydia menemukan adanya tindakan penyalahgunaan atas layanan uang elektronik Paydia tanpa memerlukan pembuktian kepada Pengguna.
  4. Paydia berhak memutuskan keterhubungan sistemnya dengan sistem Merchant apabila terjadi kerusakan atau error pada sistem Merchant yang merugikan dan/atau dapat menyebabkan kerugian pada Paydia dan/atau pengguna

Keamanan Data Pribadi Pengguna

  1. Kami memastikan bahwa data pengguna yang dikumpulkan dan/atau terkumpul oleh kami akan disimpan dengan aman. Kami akan menyimpan data pengguna selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi. Adapun kebijakan privasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:
    1. Mengidenfitikasi penggunaan atas aplikasi Paydia dan layanan-layanan kami.
    2. Mencegah, mendeteksi, dan mengatasi terjadinya tindakan kejahatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan aplikasi Paydia termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering.
    3. Mengembangkan, menambah dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan Anda;urusan administrasi akun pengguna;
    4. Tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, dan rekaman-rekaman dalam database.
    5. Berkomunikasi dengan pengguna sehubungan dengan segala hal mengenai aplikasi Paydia, layanan-layanan kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya.
    6. Menjaga keselamatan, keamanan, dan keberlangsungan aplikasi Paydia, layanan-layanan kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya.
  2. Sehubungan dengan pengumpulan dan penggunaan data sebagaimana diuraikan dalam poin-poin di atas dengan ini Anda menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada kami (PT Datacell Infomedia) untuk mengumpulkan dan menggunakan data untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam poin-poin di atas.

Kewajiban Pernyataan dan Jaminan

  1. Pengguna hanya dapat mengakses atau menggunakan aplikasi, layanan, dan sistem yang sesuai dengan syarat dan ketentuan ini, untuk tujuan yang sah, dan tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa aplikasi Paydia sudah terupdate dengan versi terbaru. Kami tidak bertanggung jawab jika pengguna memiliki perangkat yang tidak kompatibel dengan sistem atau aplikasi atau jika pengguna telah mendownload versi software yang tidak sesuai dengan perangkat pengguna.
  2. Pengguna dilarang untuk menggunakan layanan, aplikasi atau akun atau melakukan Transaksi: untuk segala aktifitas yang melanggar hukum negara.
  3. Pengguna dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami atau Penyedia Layanan.
  4. Paydia dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan atas penggunaan aplikasi Paydia oleh penggunanya terhadap pihak ketiga maupun sebaliknya
  5. Paydia merupakan aplikasi uang elektronik dan berstatus sebagai instrumen pembayaran resmi, sehingga tidak berkaitan sama sekali dengan tindakan/aktivitas pengguna dengan pihak manapun
  6. Seluruh informasi dan data yang disampaikan oleh Merchant melalui Formulir Merchant dan/atau media apapun adalah informasi dan data yang valid.
  7. Merchant memiliki usaha yang masih aktif dan perizinan yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya
  8. Merchant memiliki rekening bank yang aktif, sebagaimana yang tercantum dalam Formulir Merchant
  9. Merchant tidak pernah dan tidak akan melakukan kerjasama dengan pihak manapun dalam rangka atau terlibat dalam suatu kegiatan pencucian uang, penggalangan dana untuk kegiatan terorisme, dan/atau kegiatan lain yang merupakan pelanggaran terhadapat peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  10. Apabila Paydia menemukan atau mencurigai terjadinya Penyalahgunaan transaksi maka Paydia berhak untuk menangguhkan pembayaran atas dana transaksi yang terindikasi merupakan hasil dari penyalahgunaan transaksi

Force Majeure

  1. Paydia akan dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan apapun dari pengguna, apabila Paydia tidak dapat melaksanakan perintah, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Paydia, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktrur, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, virus computer yang membahayakan layanan uang elektronik Paydia, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.

Layanan Pengguna dan CS

  1. Paydia menyediakan layanan Customer Service (CS) untuk melayani pengguna yang membutuhkan informasi atau pertanyaan berkaitan dengan aplikasi uang elektronik Paydia.
  2. Customer Service (CS) Paydia dapat dihubungi melalui:
    1. Email: cs@paydia.id
    2. Telepon: 021-3863333

Lain-lain

  1. Paydia berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan yang berlaku ini setiap saat.
  2. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Paydia, maka pengguna menyatakan bahwa pengguna tunduk dan terikat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku di Paydia termasuk setiap perubahannya.
  3. Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 11 Juni 2020.