Mengenal Pentingnya Strategi Branding saat Membangun Bisnis

Apa arti Strategi Branding,manfaat dan komponen strategi branding yang kuat

Dibalik setiap brand yang sudah terkenal, tentunya terdapat strategi branding yang dapat membantu menyebarkan perbedaan dari brand kamu dengan brand yang lain. Akan sulit untuk menjadi brand yang besar jika kamu belum memahami dan menggunakan strategi branding. Maka dari itu, sebaiknya kamu segera mengetahui lebih dalam apa itu branding strategi saat menjalankan bisnis.

Apa itu Strategi Branding? 

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai Strategi Branding, kamu harus tahu apa itu brand terlebih dahulu. Menurut Kotler, ahli marketing Amerika, Brand merupakan nama, istilah, tanda, simbol, serta kombinasi dari semuanya yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang atau jasa yang membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Lalu apa itu Strategi Branding?

Strategi Branding adalah kegiatan untuk menciptakan dan mengenalkan nilai-nilai brand kamu kepada konsumen. Strategi Branding juga merupakan perencanaan jangka panjang yang dapat dilakukan untuk menetapkan identitas mereknya serta menemukan posisi unik pada target audiens.

Elemen Strategi Branding yang Kuat

Kunci utama agar strategi branding menjadi semakin kuat adalah dengan adanya brand identity, brand story, brand personality, brand voice, dan brand value. Eits, kamu tidak perlu bingung karena kita akan bahas bersama mengenai kelima elemen tersebut di bawah ini!

Brand Identity 

Brand identity atau identitas merek adalah ciri khas yang dapat membuat orang mudah mengenali sebuah brand. Umumnya, brand identity terdiri dari nama, logo, simbol, slogan, warna, suara, bentuk dari sebuah brand. Brand identity yang kuat tentunya akan semakin mudah dikenali oleh banyak orang serta semakin mudah juga bagi bisnis untuk menggambarkan citra yang tepat untuk konsumennya.

Brand Story

Brand Story atau cerita merek adalah elemen untuk pebisnis mengkomunikasikan pesan penting dari brand-nya. Brand story dapat berisi cerita atau alasan dibangunnya bisnis tersebut, dasar keyakinan (core belief) dan nilai brand, serta tujuan dari diciptakannya bisnis tersebut. Adanya brand story akan menimbulkan koneksi yang kuat antara brand dengan customer yang memiliki permasalahan dan kebutuhan yang sesuai dengan bisnis yang kamu ciptakan. 

Brand Personality

Brand personality atau kepribadian brand menjadi elemen yang dapat mendekatkan brand dengan konsumennya. Pasalnya, brand personality menjadi karakteristik brand yang menyangkut komponen seperti suara, warna, dan atribut lainnya yang sesuai dengan target market brand. Dilansir dari Endeavor Creative, secara general terdapat 5 tipe utama dari brand personality, yaitu:

  • Excitement : kebebasan, semangat, jiwa muda atau biasanya cocok untuk generasi muda
  • Sincerity: membawa aura positif dengan sifat atau nilai kekeluargaan
  • Ruggedness: biasa bersifat atletik dengan tone yang aktif dan kuat
  • Competence: memberikan pengaruh yang kuat karena adanya sifat kepemimpinan
  • Sophistication : bersifat mahal, eksklusif elegan serta bergengsi 
strategi branding paydia brand identiry brand story brand personality brand voice dan brand value

Brand Voice 

Brand voice adalah kata, kalimat, dan tone bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi dengan customer baru maupun customer lama. Tentunya, brand voice yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung dengan channel pemasaran yang digunakan, selama masih sesuai dengan nilai dan karakter dari bisnismu. Menerapkan brand voice juga berarti membangun koneksi yang erat dengan pelanggan. Pastikan brand voice dapat membantu bisnis untuk diterima, diingat, dan dicintai oleh pelangganmu ya, Sobat Paydia!

Brand Values 

Brand values merupakan besarnya nilai yang konsumen rela bayar pada suatu brand ketika dibandingkan dengan brand lain. Brand value dapat dilihat dari frekuensi sering atau tidaknya konsumen memilih, mengingat, dan memiliki harapan terhadap brand tertentu. Brand value dapat dirasakan dengan memberikan produk yang berkualitas namun tetap dapat bersaing positif dari sisi harga, pelayanan yang baik, kecanggihan dan manfaat, dan sebagainya. 

Mengapa Strategi Branding Penting?

Bagi kamu yang sedang membuat bisnis, kamu perlu menyediakan waktu untuk memikirkan strategi branding. Strategi branding dinilai dapat menjadi faktor penting saat melakukan penjualan produk atau layanan pada konsumen. Ini dia 5 alasan mengapa kamu perlu memperhatikan strategi branding!

  1. Perusahaan atau usaha memiliki identitas yang kuat yang membedakan brand dengan kompetitor
  2. Adanya strategi branding dapat membangun hubungan emosional antara brand dan konsumen
  3. Dapat memposisikan brand dengan cara yang diinginkan untuk menciptakan persepsi konsumen yang dapat memberikan dampak positif pada penjualan
  4. Strategi branding dapat menjadi sarana untuk menjelaskan tujuan, visi, nilai, hingga atribut brand sehingga lebih mudah dimengerti oleh konsumen
  5. Mengembangkan citra perusahaan untuk menjadi brand yang menempel pada benak konsumen sehingga dapat mendorong kekuatan ekuitas brand

Cara Membangun Strategi Branding yang Efektif

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa itu branding dan manfaatnya, lalu bagaimana cara melakukan strategi branding? Ini dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar strategi branding-mu efektif dan menarik!

  1. Pilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan
  2. Lakukan positioning yang sempurna agar keberadaan brand tersimpan dalam benak target market yang sesuai
  3. Identifikasi dan tentukan nilai lebih atau diferensiasi brand kamu bila dibandingkan dengan brand lain
  4. Gunakan design dan warna logo yang mencerminkan produk 
  5. Lakukan promosi dengan pemasangan iklan dengan menonjolkan brand identity serta pesan dari produk yang ingin disampaikan

Itulah penjelasan singkat mengenai strategi branding yang dapat kamu lakukan untuk usahamu. Temukan artikel bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis hanya di Paydia. Kamu juga dapat kembangkan bisnis kamu dengan memberikan kemudahan seperti metode pembayaran QRIS. Daftar QRIS sekarang di Paydia! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi Paydia melalui email [email protected]