Langkah Sukses Menentukan Tujuan Bisnis: Metode SMART!

langkah sukses cara tujuan bisnis dengan metode SMART goals specific measurable achievable relevant realistis time based time bound


Apakah kamu kesulitan dalam menentukan tujuan bisnis yang jelas dan dapat dicapai? Atau kamu belum yakin harus mulai darimana atau bagaimana menyelaraskan tujuan bisnis dengan keseluruhan visi kamu? Databoks menyebutkan bahwa startup di Indonesia mengalami kegagalan akibat dari kurangnya visi atau tujuan bisnis yang jelas.

Artikel ini akan menjelaskan secara detail kerangka kerja metode SMART yang dapat membantumu menentukan tujuan bisnis secara efektif. Selain menentukan tujuan, metode SMART akan membantu kamu dalam menemukan strategi atau metode yang tepat dalam mencapai tujuan bisnis. 

Part 1: Pahami Metode SMART

Apa itu Metode SMART?

S.M.A.R.T. merupakan akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound. Metode ini memberikan cara untuk menetapkan tujuan yang terstruktur. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa tujuan bisnis lebih baik, realistis, dan sesuai dengan strategi bisnis yang akan dibuat.

Manfaat Metode SMART dalam Menentukan Tujuan Bisnis

Gunakan metode SMART dalam menentukan tujuan bisnis dan peroleh berbagai manfaat. Dengan metode ini, kejelasan dan fokus dari tujuan akan semakin meningkat. Motivasi dan akuntabilitas bisnis pun akan mengikuti peningkatan yang ada. Selain itu, pengambilan keputusan hingga alokasi sumber daya akan semakin terukur. 


smart goals specific measurable achievable relevant time based paydia cara menentukan tujuan bisnis usaha


Part 2: Implementasi SMART pada Tujuan Bisnis

Specific: Tujuan Bisnis yang Spesifik

Pada tahap awal, pastikan bahwa tujuan bersifat spesifik dan dapat terdefinisi dengan baik. Untuk membuat sasaran atau tujuan yang lebih jelas, buatlah list pertanyaan mendasar namun berfokus pada aspek penting bisnis.

Pertanyaan untuk menerapkan Specific dalam tujuan bisnis:

  • Apa tujuan bisnis yang ingin dicapai?
  • Siapa saja yang terlibat dalam tujuan ini?
  • Mengapa saya ingin menetapkan dan mencapai tujuan ini?
  • Apa saja kunci utama dari adanya tujuan ini?
  • Apa kendala atau hambatan yang mungkin terjadi dalam pencapaian tujuan?

Measurable: Metrik yang Terukur

Maksud dari menetapkan metrik yang terukur yaitu menetapkan tujuan yang dapat dihitung. Cara ini dapat memudahkan kamu untuk melacak progress agar tidak keluar track hingga mengevaluasi keberhasilan dari bisnis. Pahami dan pelajari Key Performance Indicator (KPIs) sebagai metrik pengukuran kinerja yang selaras dengan tujuan bisnis. 

Pertanyaan untuk menerapkan Measurable dalam tujuan bisnis:

  • Bagaimana saya dapat mengukur progress untuk mencapai tujuan ini?
  • Apa indikator spesifik yang akan digunakan untuk melacak keberhasilan tujuan bisnis?
  • Bagaimana cara saya mengetahui kapan tujuan tercapai?
  • Apa dan berapa sasaran atau pencapaian yang ingin saya capai?

Achievable: Target yang Realistis 

Tujuan yang dapat dicapai dengan realistis menjadi faktor yang sangat penting dalam berbisnis. Tidak harus susah, namun jangan terlalu mudah juga tujuan ini dapat dicapai. Tujuan yang realistis atau dapat diraih dalam jangka waktu tertentu dapat membuat kamu dan bisnismu tetap fokus dan termotivasi. 

Pro tips: Lakukan analisa kelebihan dan kekurangan (SWOT analysis) dari bisnis kamu. Kemudian analisa cara untuk memperkuat kelebihan dan memperbaiki kekurangan.

Pertanyaan untuk menerapkan Achievable dalam tujuan bisnis:

  • Apakah tujuan bisnis ini dapat dicapai sesuai dengan sumber daya dan kendala yang ada?
  • Sudahkah saya mempertimangkan skill, pengetahuan, dan kapabilitas yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan bisnis?
  • Adakah kemungkinan keterbatasan atau hambatan yang dapat menghalangi progress?

achievable smart goals method target tangga paydia tujuan bisnis panah specific measurable relevant time based paydia

Relevant: Selaras dengan Strategi Bisnis

Sasaran atau tujuan bisnis harus relevan dengan nilai dan strategi bisnis secara keseluruhan. Namun ada juga yang menyebutnya sebagai realistis, artinya tujuan harus realistis sesuai dengan sumber daya dan kebutuhan yang dimiliki. Dalam elemen ini, kamu dapat melakukan evaluasi keselarasan tujuan dan memastikan bahwa setiap tujuan berkontribusi pada kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

Pertanyaan untuk menerapkan Relevant dalam tujuan bisnis:

  • Bagaimana atau apa hubungan dari tujuan bisnis ini dengan visi atau strategi bisnis secara keseluruhan?
  • Apakah dengan tercapainya tujuan ini dapat memberikan dampak pertumbuhan dan keberhasilan bagi bisnis?
  • Apakah tujuan ini sudah sesuai dengan tren dan/atau kebutuhan pasar?

Time-Bound: Kerangka Waktu & Deadline

Kerangka waktu dapat membantu bisnis untuk tetap berada pada jalurnya sehingga kegiatan bisnis atau tujuan dapat selesai tepat waktu. Selain kerangka waktu, tenggat waktu (deadline) juga dapat memberikan rasa urgensi dalam mencapai tujuan bisnis. Tentukan time-bound yang realistis dan pertimbangkan lama waktu suatu pekerjaan dan tambahkan waktu ekstra untuk mengantisipasi hal yang tak terduga.

Pertanyaan untuk menerapkan Time-bound dalam tujuan bisnis:

  • Seperti apa kerangka waktu yang diinginkan untuk mencapai tujuan bisnis?
  • Apakah ada tenggat waktu atau pencapaian khusus yang perlu ditetapkan?
  • Bagaimana saya dapat memecah tujuan ini menjadi langkah atau tugas yang lebih kecil dan mudah diatur?

Contoh Implementasi Metode SMART

Tidak hanya untuk tujuan bisnis secara keseluruhan, SMART Goals juga berguna untuk menentukan tujuan dari kegiatan yang dapat mendukung strategi usaha. 

SMARTDeskripsi
SpecificMeluncurkan produk baru yang ditargetkan untuk milenial dalam waktu 9 bulan 
MeasurableMelacak keberhasilan peluncuran produk baru dalam jangka waktu yang telah ditetapkan (monthly)
AchievableRiset pasar, mengembangkan produk, merencanakan marketing campaign hingga saluran distribusi produk
RelevantMembantu perkembangan dan pertumbuhan bisnis khususnya dalam mendorong profitabilitas.
Time-boundTimeline yang spesifik yaitu 9 bulan untuk memenuhi setiap elemen pada perkembangan produk dan aktivitas peluncuran produk


Itulah penjelasan mengenai Metode SMART dalam cara menetapkan tujuan bisnis. Menentukan tujuan bisnis dengan menggunakan metode SMART menjadi pendekatan ampuh untuk menentukan, melacak, bahkan mencapai tujuan bisnis dengan efektif. Dengan mengikuti langkah demi langkah metode ini, kamu akan memperoleh kejelasan dan fokus yang diperlukan untuk mensukseskan bisnis. Pakailah metode SMART ini untuk membuka peluang pertumbuhan dan kesuksesan perjalanan bisnis Sobat Paydia!

Temukan artikel bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis dan teknologi keuangan hanya di Paydia. Pastikan kamu menawarkan pilihan pembayaran yang dapat memudahkan customer saat bertransaksi. Gunakan layanan QRIS dan Transfer Dana di Paydia agar operasional bisnis semakin efisien.  Daftar sekarang di Paydia! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi Paydia melalui email [email protected]