Skip to content

5 Kebiasaan Buruk dalam Keuangan yang Harus Kamu Tinggalkan Segera!

Keberhasilan atau kegagalan dalam mengatur keuangan adalah dari sikap dan perilaku yang kamu lakukan.

Tidak terbiasa menentukan anggaran dan tidak memilki control diri tentang keuangan menjadi salah satu contoh kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan.

Nah, agar mudah dalam mengatur keuangan, kamu harus bisa disiplin pada keputusan yang sudah diambil. Jangan sampai kebiasaan burukmu membuat waktumu terkuras.

Mengatur keuangan memang terdengar mudah, tapi sebenarnya tidak semudah kedengarannya. Bukan hanya harus disiplin, tapi juga butuh pengorbanan.

Jika kamu masih melakukan kebiasaan buruk dalam finansial, maka inilah waktunya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Berikut 5 kebiasaan buruk yang perlu kamu tinggalkan:

1.       Malas Mencatat pengeluaran

Apakah kamu pernah atau bahkan sering merasa habis mengambil uang di ATM, tapi tiba-tiba uang didompet habis ? itu akibatnya jika malas mencatat pengeluaran.

 Mencatat pengeluaran sangat dibutuhkan agar uang mudah dikontrol. Pengeluaran bernominal besar atau kecil harus dicatat dengan jelas. Uang kecil yang kamu keluarkan kadang kala justru sering dilakukan tanpa sadar dan membuat uangmu terkuras.

 Namun, dengan kamu menggunakan Paydia, semua transaksi yang  kamu lakukan menggunakan aplikasi Paydia akan tercatat pada riwayat transaksi.

2.       Investasi yang merugikan

Tujuan utama investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan menambah pemasukan pasif. Namun  jika kamu salah berinvestasi, tentu saja uang akan terkuras habis.

Agar terhindar dari investasi yang merugikan, kamu perlu mempelajarinya terlebih dahulu investasi yang cocok untuk kamu. Dengan cara browsing di internet, ikut seminar investasi, sampai sharing dengan orang yang lebih berpengalaman.

3.       Tidak ada persiapan

Tidak hanya keperluan bulanan, berbelanja pun harus diikuti dengan daftar yang perlu dibeli. Mau beli gadget baru ? tentukan budget agar kamu lebih fokus kepada tujuanmu.

4.       Sulit untuk  menabung

Tidak ada alasan untuk kamu tidak menabung. Menyisihkan uang akan terasa lebih mudah jika diikuti dengan tujuan yang jelas, seperti menabung untuk liburan tahun depan dengan menyisihkan uang setiap awal bulan begitu kamu terima gaji. Berkomitmenlah pada hal itu sampai tujuan kamu tercapai.

5.       Membandingkan kesuksesan kamu dengan orang lain

Jangan Pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Kamu hanya perlu berpikir positif dan lakukan apa yang kamu suka, bekerja keras dan yakin pada dirimu sendiri.

Di antara 5 hal tersebut ada yang masih kamu lakukan ?  Tidak perlu khawatir kamu bisa perbaiki mulai dari sekarang dan hilangkan kebiasaan buruk diatas. Mulailah dengan kebiasaan baik. Maka kelak kita sendiri yang akan menikmati hasilnya 😊